Referendum Yunani: katakan Tidak untuk penghematan; istirahat dengan kapitalisme!

Sabtu, 04 Juli 2015


Yunani-SBT:--Krisis Yunani mendekati kesudahan a. Ini menandai titik balik bagi kelas pekerja Yunani dan seluruh Eropa. Terakhir January Yunani memilih pemerintah yang berjanji untuk mengakhiri kebijakan penghematan yang telah merusak negeri. Pemilihan Syriza memberi harapan kepada banyak orang di seluruh Eropa. Tapi justru karena alasan ini, para pemimpin politik di Brussels dan Berlin memutuskan untuk menghancurkan pemerintahan baru, untuk mempermalukan itu, sabotase dan akhirnya untuk membawa penggulingannya.

Krisis ini memiliki jelas karakter provokasi yang disengaja. Satu minggu yang lalu perbedaan antara kedua belah pihak dikatakan minim. Alexis Tsipras membuat banyak konsesi untuk memenuhi apa yang disebut Lembaga. Ada pembicaraan tentang kesepakatan. Tapi kemudian, tiba-tiba, IMF menempatkan booting melalui semuanya. Kondisi baru diberlakukan - kondisi yang tidak mungkin bagi orang-orang Yunani untuk menerima. Ini adalah provokasi terang-terangan dirancang untuk menempatkan pemerintah Yunani dalam posisi yang sulit dan menyebabkan kerusakan pembicaraan atau jatuhnya pemerintah.

Tidak mungkin untuk melarikan diri kesimpulan: para bankir Eropa dan kapitalis telah memutuskan untuk melaksanakan perubahan rezim di Athena, menggunakan pasar obligasi dan bank bukan roket dan bom. Tetapi hasil akhirnya akan sama. Jika ada suara YES pada hari Minggu burung nasar berharap bahwa mereka akan menyingkirkan pemerintah Syriza, yang Tsipras akan mengundurkan diri dan akan ada semacam "Persatuan Nasional" Pemerintah yang akan turun pada lutut, tahan mangkok mengemis seperti Oliver Twist and mengatakan "tolong, Pak, saya ingin lagi".

Mengingat posisi ini, opsi referendum benar-benar satu-satunya pilihan yang tersisa terbuka untuk Tsipras. Troika (mari kita sebut mereka dengan nama hak mereka) disajikan Yunani dengan ultimatum yang berjumlah meninggalkan 25 Januari mandat pemerintah Syriza. Tapi itu adalah keputusan yang demokratis rakyat Yunani. Satu-satunya respon adalah bahwa orang-orang memberikan vonis demokrasi melalui referendum.

Terorisme ekonomi

grexitThe Troika pertama kali mencoba untuk mencegah referendum dari mengambil tempat, dan ketika gagal, itu terpaksa sabotase ekonomi, memaksa bank untuk menutup, mengancam orang dengan kelaparan dan berusaha dengan segala cara untuk menciptakan suasana ketakutan dan panik, yang mereka harap akan mendukung suara YES.

Perilaku kejam dan provokatif dari Troika, yang terang-terangan campur dalam urusan kedaulatan negara, mengatakan orang-orang Yunani bagaimana memilih dan tanpa malu-malu memeras mereka dengan memotong urat nadi dari bank, memaparkan, sifat reaksioner nyata dari Uni Eropa untuk semua untuk melihat. Di balik façade "Demokrasi Eropa" dan "Solidaritas" terletak kediktatoran bank dan bisnis besar. Semua sisanya adalah penipuan dan kebohongan.

Pertanyaan referendum ini tentu saja sebuah pertanyaan demokrasi. Tetapi juga berlaku untuk menunjukkan batas-batas demokrasi borjuis. Di bawah kapitalisme orang dapat memilih siapa yang mereka sukai, asalkan para bankir memutuskan apa yang terjadi. Orang-orang Yunani sebagai untuk Syriza dan pemerintah yang terpilih secara demokratis berusaha untuk menahan pemerasan dari tidak terpilih "Lembaga" yang memerintah Uni Eropa. Sekarang orang-orang terpilih bertekad untuk mencegah orang dari mengekspresikan keinginan mereka dalam referendum. Mereka ingin menggunakan kekuatan ekonomi mereka untuk menggulingkan pemerintah Syriza.

Dengan tindakannya Troika telah menyatakan perang terhadap orang-orang Yunani. Mereka ingin mengintimidasi mereka ke menyerah tanpa menembakkan tembakan. Itu akan menjadi makna suara YES pada hari Minggu. Mereka menghitung bahwa jika YES menang Tsipras akan harus mengundurkan diri, atau melakukan program pemotongan yang benar-benar akan mendiskreditkan dirinya. Mereka telah diam-diam bersekongkol dengan pemimpin oposisi Yunani untuk membentuk "pemerintahan Persatuan Nasional" (membelah Syriza dalam proses). Itu akan berjumlah kudeta de facto.

Jika mereka berhasil, mereka akan didorong untuk menekan tindakan bahkan lebih keras melawan Yunani. Mereka akan menjarah dan menjarah melalui privatisasi paksa. Mereka akan mencuri lahannya, pulau dan harta. Mereka akan meremasnya sampai kering dan ketika akhirnya ada yang tersisa untuk mengambil, mereka tidak akan ragu-ragu untuk melemparkan Yunani pada tumpukan sampah.

Masyarakat Yunani kini tajam dibagi menjadi dua kubu. Di satu sisi berdiri oligarki Yunani, para bankir, kapitalis dan tokoh terkemuka pengiriman besar bersama-sama dengan perwakilan politik mereka dan Gereja Ortodoks. Di balik ini berdiri kaum kapitalis Eropa dan bankir.

Di sisi lain berdiri pekerja Yunani, pensiunan, pengangguran dan pemuda, bersama-sama dengan anggota serikat buruh dan partai Kiri. Tidak ada yang bisa bersikap netral dalam perjuangan ini. IMT dan bagian Yunani, yang Kecenderungan Komunis Syriza, berdiri tegak di sisi suara NO, yang mewakili semua kekuatan hidup masyarakat Yunani.

Partai Komunis Yunani (KKE) telah mengambil pendekatan yang sama sekali keliru dengan referendum, salah satu yang memiliki kesamaan dengan Leninisme. Sementara itu membuat sejumlah kritik yang valid dan dibenarkan dari pemerintah, yang menganggap referendum hanya sebagai cara untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik di meja perundingan, itu kemudian memanggil orang-orang untuk merusak suara mereka.

Ini adalah kesalahan yang sangat serius. Pada saat masyarakat Yunani sangat terpolarisasi pada garis kelas yang jelas, para pemimpin KKE memilih untuk abstain. Sangat mungkin untuk memilih NO untuk ultimatum dari Troika (yang merupakan pertanyaan yang ditanyakan dalam referendum) sambil terus kampanye melawan penghematan, terhadap konsesi yang dibuat oleh pemerintah dan alternatif sosialis yang jelas terhadap kapitalisme.

Media promosi yang dirancang untuk memancing kepanikan

Diminta oleh bos mereka di Brussels dan Berlin, kelas penguasa Yunani membawa pada kampanye kotor dimaksudkan untuk menyebabkan kepanikan di kelas menengah dan mendorong mereka untuk memilih YES takut. Kampanye media didasarkan pada kebohongan, pemerasan ekonomi, ancaman terhadap pekerja oleh majikan dan sabotase ekonomi. Ini adalah jenis terorisme ekonomi, dan seperti semua terorisme, niatnya adalah untuk mengintimidasi dan menakut-nakuti orang, memaksa mereka untuk melakukan hal-hal yang mereka tidak akan melakukannya atas kemauan mereka sendiri.

Troika mencoba untuk menentukan hasil referendum. Ini beralasan seperti ini: jika orang berpikir ini adalah referendum tentang penghematan (yang itu) mereka akan memilih tidak, oleh karena itu kita harus membuat mereka berpikir bahwa pilihannya adalah antara pertumbuhan, pekerjaan dan demokrasi di satu sisi; kekacauan ekonomi, radikalisme dan Tujuh Tulah Mesir di sisi lain.

Tsipras benar mengeluh tentang skandal sepihak media promosi. Yang disebut pers bebas di Yunani, seperti di tempat lain, dikendalikan oleh para bankir dan kapitalis dan setia melaksanakan perintah mereka. Mereka mencambuk kampanye histeris dimaksudkan untuk menabur rasa takut dan panik dan dengan demikian mendorong orang ke kamp YES. Ini adalah lengan lain dari terorisme ekonomi dimana Merkel dan antek Yunani dia berusaha untuk mendapatkan suara YES dan kemudian menggulingkan pemerintah yang terpilih secara demokratis.

Bagaimana orang-orang Yunani dapat menerima pemaksaan skandal geng terpilih bankir dan kapitalis dan agen mereka? Ultimatum adalah kelanjutan dari kebijakan penghematan setan empat tahun terakhir dari Memorandum. Mereka telah menghancurkan ekonomi Yunani dan mengurangi orang untuk kemiskinan. Selain itu, rencana mereka gagal dan defisit lebih besar dari sebelumnya. Kebijakan ini seharusnya mengurangi utang ke tingkat dikelola dan menghasilkan pemulihan ekonomi. Sebaliknya, mereka telah menghasilkan lebih resesi dan utang sekitar 180% dari PDB dan peningkatan. Sekarang mereka ingin menimbulkan lebih sakit pada Yunani.

Seluruh pengalaman lima tahun terakhir menunjukkan dengan sangat jelas apa yang disebut Lembaga inginkan. Mereka tidak akan membuat konsesi yang jumlah yang memungkinkan Syriza untuk menerapkan program anti-penghematan yang mendukung orang yang bekerja. Tawaran sebelumnya adalah penghinaan dimaksudkan untuk mempermalukan orang-orang Yunani dan pemerintah yang terpilih secara demokratis. Itu adalah usaha yang jelas untuk mendestabilisasi dan menggulingkan pemerintah.

Banyak dinegosiasikan?

tsiprasAlexis Tsipras mengatakan bahwa suara NO akan memperkuat tangannya untuk negosiasi baru dengan Troika. Tapi itu adalah harapan naif. Merkel telah membuat sangat jelas bahwa tidak ada negosiasi lebih lanjut yang ditawarkan. Schäuble mengatakan cukup jelas bahwa ia tidak akan berurusan dengan Tsipras dan tidak percaya Syriza. Dengan kata lain, mereka ingin menginstal sebuah pemerintahan baru di Athena yang akan melakukan apa pun yang mereka inginkan.

Ada kontradiksi mendasar antara mandat anti-penghematan 25 Januari dan kepentingan bankir Eropa dan kapitalis. Mereka tidak akan membiarkan Syriza untuk memerintah atas dasar program. Mereka mencoba untuk menghapus pemerintah ini dengan segala cara dan dengan biaya apapun.

Tawaran berikutnya (jika ada) pasti akan ada yang lebih baik daripada yang terakhir. Oleh karena itu, itu benar-benar utopis untuk membayangkan bahwa kemenangan untuk NO suara akan memungkinkan Tsipras untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik melalui negosiasi. Itu akan seperti mencoba membujuk harimau untuk makan salad. Jika TIDAK menang mereka akan memotong semua pasokan uang (sebagai ECB sudah melakukan) dan mendorong Yunani keluar dari zona euro. Yang akan memiliki konsekuensi yang sangat serius bagi zona euro dan ekonomi dunia. Tapi tampaknya bahwa Merkel dan lain-lain bertekad untuk terus maju.

Pemimpin Syriza mengatakan bahwa jika ada NO suara yang kuat, hari berikutnya ia akan berada di Brussels dan akan menandatangani perjanjian. Tapi "Lembaga" tidak akan dan tidak bisa membuat tawaran yang memungkinkan untuk pelaksanaan program Syriza itu. Membuat konsesi mereka tidak berguna. Untuk setiap langkah mundur Tsipras membuat mereka akan menuntut sepuluh. Hal ini tidak mungkin untuk mendamaikan kontradiksi tak terdamaikan, lebih dari itu adalah mungkin untuk lingkaran persegi.

Yanis Varoufakis, menteri keuangan Yunani berpendapat bahwa tidak ada mekanisme hukum untuk mengusir negara dari zona euro. Dia benar, tapi yang membuat tidak sedikit perbedaan. Para pemimpin zona euro hanyalah bandit berpakaian rapi dan menarik bagi legalitas tidak pernah dikenal untuk mencegah bandit dari memotong tenggorokan seorang pria dan mencuri dompetnya. Inilah orang-orang yang sama yang dikeluarkan Varoufakis dari pertemuan Eurogroup!

Kecuali para pemimpin Syriza siap untuk menyerah sepenuhnya, dan dengan demikian bunuh diri politik, hasil yang paling mungkin jika ada karena suara NO adalah pengecualian dari Yunani dari Euro.

A kembali ke dram?

Argumen utama media Yunani, bergema tuan mereka di Berlin dan Brussels, adalah bahwa referendum benar-benar suara YES atau Tidak untuk keanggotaan zona euro dan Uni Eropa. Mereka melukis gambaran apokaliptik apa keluarnya Yunani (atau "Grexit" untuk menggunakan kata baru saat ini) akan berarti. Tapi ini menghadap detail kecil bahwa mereka yang gelisah tentang bencana yang mengancam itu sendiri bertanggung jawab untuk bencana ini menjadi yang Yunani telah jatuh.

Peristiwa beberapa bulan terakhir membuktikan bahwa Uni Eropa adalah klub kapitalis - pemerintah kaya, orang kaya dan orang kaya. Kebijakan pemimpinnya adalah kebijakan penghematan permanen. Jika Yunani tetap di zona euro, masa depan akan menjadi kelanjutan dari apa yang telah Anda miliki untuk lima tahun terakhir, tetapi semakin buruk sepanjang waktu. Faktanya adalah bahwa Yunani tidak pernah dapat membayar hutang-hutang mengerikan. Mereka akan menggantung di lehernya selama puluhan tahun seperti batu yang berat.

Satu-satunya harapan untuk Syriza adalah bahwa ia menarik kesimpulan yang diperlukan dari apa yang terjadi. Itu sia-sia untuk berharap bahwa Merkel dan Juncker dapat dibujuk untuk bersikap baik kepada Yunani. Orang-orang Yunani berperang dengan para bankir dan kapitalis Eropa, dan tidak ada gencatan senjata dalam perang tersebut. Pada akhirnya satu kelas harus menang dan yang lain harus kalah. Dan semoga Tuhan membantu pecundang!

Itu Troika dengan pengenaan tanpa henti dari kebijakan penghematan kejam yang mendorong ekonomi Yunani ke dalam jurang pengangguran massal, kemiskinan, upah dan pensiun pemotongan, bunuh diri dan putus asa. Ini adalah satu-satunya waktu dalam sejarah di mana depresi seperti telah sengaja diperburuk oleh pemerintah dan lembaga keuangan.

Beberapa orang berpendapat bahwa jika Yunani didorong keluar dari Euro ini akhirnya bisa memberikan solusi untuk masalah ekonomi. Itu adalah naif dalam ekstrem, tidak mengatakan tidak bertanggung jawab. Pertanyaannya masih akan tetap: apa jenis ekonomi, yang dijalankan oleh siapa dan pada kepentingan siapa?

Mari kita berasumsi bahwa mata uang baru ini disebut dram. Apa yang akan terjadi itu? Ini akan jatuh seperti batu karena tak seorang pun akan ingin menahannya. Itu akan menyebabkan harga naik tajam, bahkan hiper-inflasi, seperti di Jerman pada penghematan 1923. Rakyat akan dihapus. Akan ada kemerosotan dalam dan bahkan lebih banyak pengangguran.

Selain itu, jika Yunani dipaksa keluar dari Euro, juga akan menemukan sendiri keluar dari Uni Eropa. Borjuis Eropa tidak akan ingin melihat pasar yang diserbu oleh barang Yunani dibuat lebih murah dengan jatuhnya tak terelakkan dari drachma (atau apa pun mata uang lainnya yang dipilih). Ini akan diperlukan untuk mengambil langkah-langkah yang sangat drastis untuk menghindari bencana ekonomi. Langkah-langkah setengah akan sia-sia. Seseorang tidak dapat menyembuhkan kanker dengan aspirin.

Saat ini mayoritas tidak mengontrol. Ini adalah bankir dan kapitalis - Yunani dan asing - yang mengendalikan segala sesuatu. Mereka tidak tertarik pada masalah orang-orang Yunani, hanya dalam keuntungan mereka dapat memeras dari pekerja, pensiunan dan orang-orang miskin.

Jika orang-orang Yunani ingin mengambil kembali nasib mereka ke tangan mereka sendiri mereka harus memberitahu pemerintah untuk menyita kekayaan oligarki dan mengambil alih bank-bank dan perusahaan besar. Kemudian Anda dapat mulai untuk mengontrol ekonomi dan menjalankannya untuk kepentingan kebutuhan mayoritas, bukan keuntungan dari minoritas kecil dari pencuri kaya dan parasit.

Akar penyebab krisis ekonomi, pengangguran massal, perang dan kemiskinan adalah kenyataan bahwa sistem kapitalis telah mencapai batas dan mampu mengembangkan kekuatan produktif seperti yang terjadi di masa lalu tidak lagi. Perubahan mendasar yang dibutuhkan. Satu-satunya solusi adalah sosialisme.

Apa alternatifnya?

IMT sepenuh hati mendukung rakyat Yunani hanya perjuangan mereka. Kami meminta Anda untuk memilih NO, Minggu. Vote NO pemotongan dan penghematan! Vote NO untuk pemaksaan dan pemerasan! Vote NO untuk upaya untuk membuat pekerja membayar krisis kapitalisme!

Semua kekuatan hidup masyarakat Yunani akan berjuang untuk NO hari Minggu ini. Tapi itu tidak akan cukup. Sebuah kemenangan bagi NO suara itu sendiri memecahkan apa-apa. Pada basis kapitalis tidak ada masa depan untuk Yunani - dalam atau di luar Uni Eropa. Dalam rangka untuk memutuskan hubungan dengan penghematan istirahat radikal dengan kapitalisme diperlukan.

Timbul pertanyaan: apa itu? Untuk mencegah bencana yang mengancam sekarang Yunani, SYRIZA harus membuat pikiran untuk mengambil tindakan defensif: menasionalisasi bank tanpa kompensasi, memperkenalkan monopoli negara perdagangan luar negeri. Harus ada intervensi negara untuk mengontrol distribusi makanan, obat-obatan dan kebutuhan dasar lainnya untuk menjamin pasokan dan mencegah penimbunan dan spekulasi.

Ini harus mengambil langkah-langkah untuk mencabut izin siaran media yang sengaja menyebarkan informasi palsu dan menyebabkan kepanikan. Beberapa ini sebenarnya beroperasi tanpa lisensi. Langkah-langkah ini harus didukung oleh pekerja inisiatif langsung: pendudukan bank, pabrik dan media di bawah kontrol buruh. Komite bentuk tindakan untuk NO di setiap tempat kerja dan lingkungan - untuk memenangkan referendum dan mulai mengambil kendali industri dan masyarakat untuk mencegah sabotase dan kekacauan.

Di atas semua, adalah penting bahwa Yunani tidak harus diisolasi secara internasional. Tidak ada kepercayaan dapat ditempatkan di pemerintah Rusia dan China yang mewakili kepentingan oligarki mereka sendiri. Sebaliknya apa yang diperlukan adalah daya tarik bagi solidaritas internasional orang yang bekerja di Spanyol, Italia dan negara-negara Eropa lainnya.

Ini adalah masalah tidak hanya untuk Yunani tetapi untuk seluruh Eropa. Di mana-mana para bankir dan kapitalis yang menyerang standar hidup dan hak-hak pekerja. Apa yang dibutuhkan adalah Front Persatuan dari semua kekuatan anti-kapitalis di Eropa berjuang untuk mempertahankan pekerjaan, hak dan standar hidup. Tapi itu tidak cukup. Kita harus berjuang untuk menggulingkan ini Eropa reaksioner para bankir dan kapitalis.

Banding oleh Yunani untuk para pekerja dari Eropa - hanya sekutu nyata - hanya dapat berhasil jika disertai dengan langkah-langkah anti-kapitalis yang berani. Seluruh Eropa pekerja menderita serangan terhadap standar hidup. Itulah sebabnya mengapa Merkel dan gengnya tidak bisa membiarkan Yunani untuk mengalahkan program mereka dari penghematan permanen, karena contoh itu akan ditetapkan untuk orang-orang yang bekerja dari Spanyol, Italia dan setiap negara Eropa lainnya.

Di Irlandia, Portugal, Spanyol, Italia dan Perancis, bahkan di Inggris, orang mencari untuk apa yang terjadi di Yunani. Syriza bisa memberikan kumpul-titik untuk Kiri di Eropa, tetapi hanya dengan satu syarat: bahwa dibutuhkan langkah-langkah yang berani melawan kapitalis dan bankir. Itu akan meletakkan dasar untuk sebuah gerakan massa solidaritas di seluruh Eropa yang akan mengubah seluruh situasi.

Kemenangan gemilang untuk NO untuk penghematan dalam referendum ini akan menjadi langkah pertama dalam fightback semua-Eropa terhadap penghematan. Tapi itu hanya langkah pertama. Program anti-penghematan dari Syriza hanya dapat dilaksanakan oleh istirahat radikal dengan kapitalisme.

Tetapi jika pemerintah memungkinkan dirinya untuk diganggu untuk membuat kesepakatan yang berjumlah kapitulasi, itu akan memiliki efek menyedihkan pada seluruh Eropa. Itulah yang Merkel dan co. bertaruh pada. Mereka ingin Syriza untuk melaksanakan program pemotongan dan penghematan yang akan mendiskreditkan itu di mata massa. Kemudian mereka akan mengatakan kepada para pekerja Yunani dan seluruh Eropa: "Kamu melihat apa yang terjadi ketika Kiri masuk ke kekuasaan?" Mereka akan menggunakan Yunani sebagai peringatan untuk anti-penghematan dan kiri gerakan sayap di Spanyol dan negara-negara lainnya.

Kesenjangan antara istimewa dan non-hak istimewa menjadi lebih luas di seluruh Eropa. Peristiwa beberapa bulan terakhir membuktikan melampaui bayangan keraguan bahwa Uni Eropa adalah lembaga yang didirikan oleh orang kaya dan orang kaya. Kebijakan adalah salah satu penghematan permanen. Satu-satunya Eropa yang demokratis akan menjadi federasi sosialis negara-negara Eropa. Ini adalah waktu yang tinggi bahwa Eropa Kiri pecah dengan kapitalisme dan tertulis pada banner yang:

    Turun dengan kapitalisme!
    Mengakhiri kediktatoran para bankir dan kapitalis!
    Untuk Sosialis Amerika Serikat Eropa!
    Pekerja dunia, bersatu!

 Sumber : socialist.net
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar